Jumat, 04 Juni 2010

Teknologi WiGig ( Wireless Gigabit )



Ada Wi-Fi, ada juga yang namanya WiGig (Wireless Gigabit) yang punya kecepatan 10 kali lebih cepat dibandingkan Wi-Fi jenis n (hanya 600 Mbps) atau punya kecepatan sampai 7 Gbps.

Berbedanya dengan seri Wi-Fi, WiGig berjalan di frekuensi 60 Ghz sedang fungsinya, tidak jauh berbeda dengan Wi-Fi yaitu untuk transfer data secara nirkabel atau bisa juga untuk tersambung dengan koneksi internet tetapi sayangnya WiGig mempunyai area jangkauan yang lebih pendek dibandingkan Wi-Fi.

Kabar baiknya, belum lama ini dalam Press Release yang dikeluarkan, WiGig Alliance dan Wi-Fi Alliance telah melakukan kerjasama yang saling menguntungkan dan terutama menguntungkan bagi kita para pengguna.


Dalam kerjasama ini membuat WiGig bisa atau kompatibel dengan seri Wi-Fi yang berjalan di frekuensi 2,4 Ghz dan 5 Ghz tetapi tentunya dengan koneksi kembali ke Wi-Fi, otomatis anda tidak bisa mendapatkan kecepatan sampai 7 Gbps itu.
WiGig sendiri sebenarnya bukan ditujukan untuk menggantikan Wi-Fi melainkan sebagai "bonus" dari sebuah Wi-Fi nantinya. WiGig juga lebih dikonsentrasikan sebagai teknologi untuk menggantikan kabel yang butuh data transfer yang cepat yang tidak bisa dilakukan oleh koneksi Wi-Fi.


[Via]

0 komentar:

Posting Komentar

 
;